Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilustrasi Ukhuwah pada Akar

Jakarta, www.remajaistiqlal.or.id - Hari itu, di Kebun Raya Bogor dalam keadaan yang cerah dan teduh, kami berkumpul di sudut taman lapang berkawan pohon yang besar dan air mancur.  Duduk beralasan tikar, berliput bahagia dan sukacita. Asosiasi Remaja Masjid Istiqlal (ARMI) Gathering, sebutan kegiatannya. 

Saat itu, Kepala Divisi Sosial dan Wirausaha Dzulqarnain, mengisi kegiatan dengan obrolan penuh makna. "Ibaratkan organisasi sebagai tumbuhan, maka anggotanya sebagai akarnya, guna menyerap nutrisi untuk pohon. Pentingnya akar juga dapat diilustrasikan seperti ukhuwah kita ARMI," ujarnya.

Sebagaimana akar yang menyerap nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan pohon, ARMI juga perlu mempererat ikatan guna menjaga maslahat yang akan disebarluaskan kepada organisasi dan masyarakat luas. "Mempererat ikatan kita untuk menyerap 'nutrisi', sehingga membuahkan manfaat yang akan kita sebarluaskan nanti."

"Pentingnya akar yang kuat, selayaknya  ukhuwah. Jika ukhuwah sudah erat, maka akan banyak nutrisi yang bisa kita salurkan ke batang, yang di sana terdapat daun, bunga ataupun buah. Meski akar tidak terlihat, tapi pohon yang tumbuh tersebut dapat dilihat orang dan dirasakan kebermanfaatannya," ungkap Dzulqarnain.

Dzulqarnain juga mengajak anggota ARMI untuk terus menjadi akar yang kokoh, dalam dan erat memeluk tanah, sehingga daripada itu kita dapat menopang pohon yang besar, atau dalam organisasi bisa disebut kebermanfaatan yang luas. "Jadilah akar yang kokoh, semakin tinggi pohonnya maka akar akan semakin erat, kokoh dan dalam."

Kemudian dalam peribaratan yang lain, saat pohon mengalami masa gugurnya, organisasi juga bisa saja melewati masa gugur. "Karena gugur bukan berarti mati. Sebagaimana pohon sakura yang setelah selesai masa gugurnya, dia akan kembali tumbuh merekah indah."

"Semoga ukhuwah kita bisa membawa limpahan nutrisi untuk kebermanfaatan lingkungan melalui 'bunga' dan 'buah' yang kita hasilkan. Jika belum bisa menghasilkan buah, setidaknya dari bunganya sudah nampak keindahannya, keteduhannya, kebermanfaatannya."

Penulis : Nurul Fajriyah
Foto : Tara Adelia. P
Editor : Tim Redaksi Asosiasi Remaja Masjid Istiqlal

Posting Komentar untuk "Ilustrasi Ukhuwah pada Akar"