Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan Pelengkap pada Bulan Ramadan



Jakarta—Bulan Ramadan sudah masuk pada pekan kedua. Alhamdulillah, Allah memperkenankan kita untuk dapat berjumpa dan beribadah pada bulan yang penuh keberkahan ini. Sobat ARMI, bagaimana puasanya, lancar kah? Lancar dong pastinya, ya. 

Pada bulan yang suci ini, Allah subhanallah wata’ala memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk berpuasa. Anjuran berpuasa itu tertuang dalam  firman Allah di Qs. Al-Baqarah ayat 183, yang artinya sebagai berikut.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Qs. Al-Baqarah: 183).

Tapi, tahukah kamu? Pada bulan penuh ampunan ini, ibadah yang dapat kita laksanakan bukan hanya berpuasa, lho. Ada  amalan lain yang dapat kita kerjakan. Berikut merupakan enam amalan yang dapat kita kerjakan pada bulan Ramadan, yuk simak!

1.     Salat Tarawih

Salat tarawih adalah salat sunah khusus pada bulan Ramadan yang dikerjakan setelah salat isya. Salat sunah ini, dapat dikerjakan secara berjamaah ataupun sendiri. 

Adapun pahala yang didapatkan seseorang ketika mengerjakan salat tarawih yaitu, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Sebagaimana hadis nabi yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim.

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan (salat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya akan iampuni.” (HR. Bukhori no. 37 dan muslim no. 37).

2.     Memberi Hidangan untuk Berbuka Puasa

Berikutnya, Allah juga menganjurkan kita untuk lebih banyak berbagi di bulan penuh rahmat ini, dengan menyajikan hidangan  berbuka puasa untuk orang lain. Amalan ini adalah salah satu amalan yang sangat bermakna bagi diri sendiri ataupun orang lain. Jadi jangan dilewatkan ya. Dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda, artinya sebagai berikut.

“siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berbuka puasa tersebut, tanpa menguarangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192).

3.     Mengakhiri Sahur

Berlanjut pada poin ketiga, sahur. Sahur merupakan aktivitas mempersiapkan diri sebelum melaksanakan ibadah puasa, seperti menyantap makanan dan minuman yang baik. 

Selain untuk menjadi bekal dalam menahan lapar dan dahaga, sahur juga memiliki banyak sekali keberkahan. Hal ini tertuang  pada hadis nabi yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik.

“Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan.” (HR. Bukhori: 1923).

4.     Menyegerakan Berbuka

Sebagaimana janji Allah, kebahagiaan seseorang yang berpuasa ada dua, yaitu saat ia berbuka puasa, dan saat ia bertemu dengan Rabbnya, Allah subhanahu wata'ala.

Dari hal tersebut, kita ketahui bahwasannya menyegerakan berbuka puasa adalah suatu keharusan. Rasulullah shalallahu alaihi wa salam menganjurkan kita untuk menyegerakan berbuka puasa ketika sudah masuk waktu berbuka, dan tidak baik untuk menunda-nunda dalam membatalkannya.

"Manusia senantiasa di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka." (HR. Bukhori 4/173 dan Muslim 1093).

5.     Umrah

Memasuki poin kelima, sesuai dengan sabda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, artinya sebagai berikut.

"Sesungguhnya umrah di bulan Ramadan seperti haji bersamaku." (HR. Bukhori).

Untuk poin kelima ini, yuk bersama kita panjatkan doa, semoga selekasnya Allah perkenankan kita untuk bisa melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadan. Semangat Sobat ARMI.

6.     Membaca Alquran

Pada poin keenam ini, kamu pasti sudah tahu ya, bahwasannya Ramadan adalah bulan diturunkannya Alquran. Hal itu diabadikan dalam Firman Allah Qs. Al-Baqarah:185, artinya sebagai berikut.

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

Betapa Ramadan merupakan bulan yang sangat Ia muliakan, didalamnya terdapat banyak kebaikan, hikmah, pelajaran yang bisa kita tuai. Mari manfaatkan kesempatan ini, yaitu dengan memprioritaskan waktu kita bersama Alquran, yaitu dengan membaca, mentadaburi, dan mengamalkan isi Alquran.

Nah Sobat ARMI, itulah enam amalan ibadah yang dapat kita laksanakan dalam menyemarakkan bulan Ramadan. Yuk maksimalkan kesempatan ini untuk memborong pahala, agar tidak ada penyesalan-penyesalan ketika telah usainya Ramadan ini.

Semoga kita tergolong ke dalam orang-orang yang dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Pada momen ini, semoga kita dapat berbenah dan memperbaiki diri.

Semoga kebiasaan-kebiasaan baik yang kita kerjakan pada bulan Ramadan, dapat terbawa pada sebelas bulan kedepannya, dan kita dapat diperkenankan kembali  bertemu bulan Ramadan tahun selanjutnya. 

Semangat menjalani ibadah puasa dan ibadah-ibadah pelengkap lainnya, Sobat Armi!



Penulis: Dwi Agustin

Penyunting: Nurul Fajriyah

Posting Komentar untuk " Amalan Pelengkap pada Bulan Ramadan"