Bangkit, Kegagalan Adalah Proses


Jakarta-Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Akan tetapi saya percaya setiap orang dapat menjadi lebih baik dan bijaksana. 

Setiap orang memiliki kesempatan untuk bertumbuh menjadi orang yang lebih dewasa di mana kegagalan dapat menjadi salah satu hal yang membantu kita bertumbuh.

Kesalahan demi kesalahan yang kadangkala kita buat  justru memberikan ruang belajar lebih banyak. Dari kegagalan pula kita bisa berevolusi jika mau melakukan evaluasi diri.

Apalagi ketika kita ada masalah di usia dewasa di mana masalahnya lebih besar, begitu juga tanggung jawab dan ketakutannya, kita sebenarnya sedang belajar membentuk sistem menghadapi kegagalan.

Kata pepatah, tidak ada kesuksesan yang tak diawali dengan kegagalan terlebih dahulu. Kegagalan sejatinya adalah hal yang wajar terjadi dimanapun. 

Sebut saja seperti gagal dapat nilai bagus di mata kuliah wajib, gagal dalam mencapai target terkait dengan tanggung jawab di kantor, gagal memenuhi target penjualan dalam usaha, dan lain sebagainya.

Menurut Dr. Bilal Philips, Jika apa yang mungkin dianggap sebagai kegagalan di dunia ini akan memberi seseorang kesuksesan di kehidupan selanjutnya, maka lebih baik gagal di dunia ini. 

Kemudian Allah Subhanahu Wa Ta'ala sudah menjelaskan di dalam Al-Qur'an pada Qs. Ali Imran: 139 yang berarti, "Janganlah kamu putus harapan dan bersedih hati." Jadi, setiap kesuksesan itu pasti akan merasakan yang namanya itu kegagalan.

Oleh karena itu, kita sebagai manusia tidak seharusnya merasa gagal ketika kita telah mengerjakan sesuatu namun belum berhasil. Karena, Inilah hidup. 

Suka atau tidak, kamu tidak akan tumbuh tanpa rasa sakit, kamu tidak akan belajar tanpa membuat kesalahan terlebih dahulu, dan kamu tidak akan berhasil tanpa mengalami kegagalan.

Terkadang, Allah mengambil segala sesuatu dari kita sehingga kita bisa belajar menghargai segala sesuatu yang telah Dia berikan kepada kita. 

Jadi jangan jadikan kegagalan itu sebagai bencana. Tapi, jadikan kegagalan itu sebagai pemecut awal kebangkitan kita menuju kesuksesan.



Penulis: Rosy Aldino

Penyunting: Redaksi Asosiasi Remaja Masjid Istiqlal Jakarta

Sumber:

1. https://wartalika.id/news/opini/2020/09/17/kegagalan-adalah-motivasi-untuk-bangkit

2. https://greatmind.id/article/bangkit-dari-kegagalan

Posting Komentar

0 Komentar