Ingatlah, Kekuasaan Mutlak Hanya Milik Allah

Freepik/wirestock


لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

"Tidak ada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah,"

Dialah Allah yang Maha Memelihara, yang menjadikan subur tanah-tanah yang mulai diliputi kekeringan. Dialah Allah yang Maha Kuasa, yang menerbitkan matahari dari timur, dan menenggelamkannya ke barat. 

Dialah Allah yang Maha Mengetahui, yang memahami segala isi hati. Dia yang berkehendak dalam menetapkan kegelisahan, dan kemudian menentramkan hati siapapun yang ia kehendaki.

Dialah Allah yang Maha Mengatur, mengatur segala kejadian yang terjadi di semesta, kejadian besar, ataupun yang tidak kita ketahui sama sekali keberadaannya.

Allah berfirman dalam Quran surat Al Hajj (22) ayat 64,

لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ وَإِنَّ اللَّهَ لَهُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ

"Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan segala yang ada di bumi. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya lagi Maha Terpuji."

Kemudian Allah juga berfirman dalam Quran Surat At-Taghabun Ayat 11,

 مَآ أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۗ وَمَن يُؤْمِنۢ بِٱللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُۥ ۚ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ 

"Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."

Saat kita mengingat kembali lembar kisah yang sudah berlalu, mungkin kita pernah dapati keadaan dimana Allah menetapkan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan--atau sama sekali bukan langkah yang kita inginkan untuk disusuri. 

Mungkin juga pernah kita dapati kesulitan yang membuat kita berpikir bahwa itu sudah "buntu", kemudian sekejap dengan kuasa-Nya, Allah jadikan mudah apa-apa yang kita pikir mustahil terjadi.

Pada akhirnya memang akan selalu ada yang berbeda, juga tidak terduga. Karena semua yang terjadi atas kita merupakan kehendak-Nya, semua terjadi dalam pengawasan-Nya, mutlak ada dalam kekuasaan Allah.


Penulis : Nurul Fajriyah.
Penyunting : Tim Redaksi Asosiasi Remaja Masjid Istiqlal Jakarta.

Posting Komentar

0 Komentar