Penyelenggaraan Diklat 1 Open Recruitment ARMI 2021


Jakarta, Asosiasi Remaja Masjid Istiqlal - Setelah selesai dilangsungkan pendaftaran dan penyeleksian Calon Pengurus (Capeng), Jumat, 10 Oktober 2021, ARMI melanjutkan rangkaian Open Recritment 2021 yaitu Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) 1 dengan mengangkat tema "Build a Good Relationship: Communication Management in Organization."

Tema tersebut dibawa pada Diklat 1 ARMI guna menjadi landasan bagi Capeng ARMI agar bisa saling mengenal. Sehingga amanah dan tanggung jawabnya bisa dilaksanakan dengan landasan ketulusan, lillahita'ala.


Hal tersebut juga bisa dilihat melalui materi yang disampaikan oleh Adin Mahendra selaku Dewan Musyawarah ARMI dan Ketua ARMI periode 2016/2021, bahwasanya untuk menjalankan tanggung jawab dalam sebuah tim, diperlukannya komunikasi dan kordinasi yang baik, dengan terlebih dahulu menyatukan hati dan pikiran antaranggota.

Secara lugas dan komprehensif, Adin juga menyampaikan pentingnya mempelajari komunikasi dalam interaksi dan sosialisasi. Sebagaimana kutipan pesan dari Sayyidina Usman bin Affan R.A, "Tergelincirnya lidah itu lebih berbahaya daripada tergelincirnya kaki."

Adin juga menerangkan, bahwasanya berkomunikasi juga bisa menjadi cara kita menjaga ukhuwah. Hal tersebut bisa dicapai jika kita saling memahami, menghargai, menjaga interaksi, mengerjakan sesuatu secara bersama, dan saling mendoakan.

Guna mencapai ukhuwah yang baik, kita juga perlu lebih memerhatikan dan menjaga tutur serta sikap dalam komunikasi, baik antar individu, kelompok, secara vertikal, maupun horizontal. 

Adin juga menjelaskan tentang adab dalam berkomunikasi. Adapun adab yang esensial dalam berkomunikasi di antaranya yaitu jujur, berbicara yang baik atau diam, tidak ghibah, memandang orang yang bicara, antusias terhadap topik yang sedang dibahas, dan meninggalkan perdebatan. 

Seusai pemaparan materi Diklat satu tentang "Build a Good Relationship: Communication Management in Organization," Capeng ARMI juga kembali dikumpulkan bersama masing-masing kelompoknya untuk diadakan kegiatan Coaching bersama para mentor. Coaching diharapkan menjadi bagian proses Capeng ARMI, sehingga bisa menerapkan lebih jauh setiap bait ilmu tentang manajemen komunikasi yang baik dalam organisasi.

"Diklat satu bukan akhir dari perjalanan, tapi ini menjadi bagian proses yang harus ditempuh karena perjuangan masih sangat panjang. Luruskan niatmu, kuatkan tekadmu, langitkan rasa optimis serta harapkan seluruh do'a baikmu hanya kepada Allah subhanahu wata'ala."

Sobat ARMI, rangkaian Open Recruitment ARMI 2021 masih ada beberapa tahapan lagi, nantikan rangkaian selanjutnya, yaa!


Penulis: Dwi Agustin

Gambar : Azzam Bayyanulhaq

Penyunting: Redaksi Media Kreatif

Posting Komentar

0 Komentar